Membuat Sari Buah Srikaya yang Mudah

Sari buah adalah cairan yang dihasilkan dari penghancuran buah segar yang telah masak. Pada prinsipnya sari buah terdapat 2 macam, yaitu :

1) Sari buah encer yang dapat langsung diminum, yaitu cairan buah yang diperoleh dari pemersan buah, kemudian diteruskan menggunakan tambahan air dan gula pasir.

2) Sari buah pekat / Sirup, yaitu cairan yang diperoleh dari pemerasan daging buah lalu dilanjutkan dengan proses pemekatan, bisa dengan cara pendidihan biasa ataupun dengan cara lain seperti penguapan dan lain-lain.

Cairan sirup ini tidak langsung dikonsumsi, tapi harus dicampur dulu dengan air putih. Buah-buahan yang sering dibuat menjadi sari buah atau sirup antara lain : pala, pisang, jambu biji, mangga, sirsak, wortel, tomat, kueni, markisa, nangka, jahe, asam hampir semua jenis jeruk, dan lain sebagainya. Sari buah ataupun sirup buah dapat bertahan selama sekitar 3 bulan.

CARA PEMBUATAN
1) Gunakan buah yang telah tua, segar dan masak kemudian bersihkan menggunakan air;

2) Irislah buah sampai menjadi kecil-kecil;

3) Parut buah sampai menjadi bubur; * Selanjutnya peras airnya

4) Tambahkan air, gula pasir, natrium benzoat, asam sitrat dan garam dapur. Perbandinganya sari buah dengan air yaitu seperti berikut :

– Buah jeruk (untuk 1 lt sari buah campur dengan 1 ½ liter air)

5). Aduk hingga rata. Selanjutnya pengerjaan pembuatan sari buah (6-9) :

6) Saring campuran tersebut dengan kain saring;

7) Masukkan hasil saringan ke dalam wadah kemudian tutup rapat. Endapan dari hasil penyaringan bisa diolah untuk bahan pembuatan jajanan dodol, selai, dan lain sebagainya;

8) Masukkan botol yang sudah ditutup rapat ke dalam air mendidih selama 30 menit;

9) Angkat botol tersebut dan segera dinginkan.

Gunakanlah berbagai jenis srikaya, kemudian olah masing-masing secara terpisah, kemudian gabungkan jusnya untuk menghasilkan rasa yang bervariasi kemudian perhatikan perbedaan dari warna yang diperoleh dengan buah srikaya merah, hijau dan kekuningan.

Olah srikaya dengan cara merata dan saring semua cairan dan sarinya menggunakan kain tipis untuk mendapatkan seluruh sari dengan gizi dari buah. Beberapa ampas atau padatan akan lolos melalui kain tipis, dan jus akan tampak keruh.

Untuk mengolah sari srikaya dalam skala banyak, Anda bisa membeli alat untuk memeras sari buah srikaya.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-sari-buah-srikaya/
https://ramesia.com

Comments

Popular posts from this blog